Ini Situs Resmi Informasi Persiapan UNBK dan USBN Tahun 2019

Persiapan menghadapi USBN dan UNBK tahun 2019 - Hai sahabat tercinta. Kemarin ada yang curhat ke saya. Di mana sih kita bisa mendapatkan informasi resmi tentang ujian nasional? Karena di berbagai media sosial sudah mulai beredar jadwal simulasi UNBK, kisi-kisi soal, bahkan bocoran soal USBN 2019. Apakah info di media sosial itu benar? Saya itu ingin tahu apa ada situs resmi kementrian pendidikan yang menyajikan info UN?

Persiapan menghadapi USBN dan UNBK tahun  Ini Situs Resmi Informasi Persiapan UNBK dan USBN Tahun 2019

Demikian pertanyaan dari sebagian siswa dan teman guru di sekolah saya. Nah, menjawab pertanyaan tersebut, supaya teman-teman dan adik-adik di sana bisa membaca informasi resmi tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018 / 2019, maka saya akan berbagi beberapa situs resmi informasi UNBK dan USBN tahun 2019.

Karena banyak info penting dan persiapan yang harus disiapkan untuk menghadapi ujian nasional. Maka dengan adanya postingan ini, semoga kalian tidak ketinggalan info dan jangan sampai salah info. Berikut beberapa dokumen penting yang harus disiapkan sebelum menghadapi USBN dan UNBK tahun 2019:
  1. Jadwal USBN dan UNBK tahun 2019 yang berisi tanggal-tanggal penting kegiatan ujian.
  2. Kisi-kisi USBN dan USBN tahun 2019 yang berisi gambaran soal yang akan keluar di ujian.
  3. POS USBN tahun 2019 yang menjelaskan standar-standar pelaksanaan ujian.
  4. POS UNBK tahun 2019 yang berisi ketentuan hingga hal-hal sistem instalasi yang harus disiapkan.

Daftar Situs Resmi Info UNBK dan USBN 2019


Mungkin kalian salah dari banyaknya teman-teman di sana yang belum tahu hal ini. Ternyata memang beberapa situs yang terus memperbarui info tentang UN dan USBN secara resmi. Mulai dari jadwal, kisi-kisi, mekanisme, dan prosedur operasional standar (POS Ujian Nasional). Jadi mulai sekarang tidak perlu susah payah mencari info resminya.

Sebagai persiapan menghadapi USBN dan UNBK 2019 situs ini pasti sangat berguna untuk siswa-siswi calon peserta ujian, kepala sekolah, guru, dan terutama bagi proktor / teknisi yang bertanggung jawab atas berjalannya UNBK 2019 dengan sukses.

Baca juga:

Berdasarkan pengalaman saya ketika menjadi panitia ujian nasional. Berikut daftar situs resmi kementrian pendidikan dan kebudayaan untuk persiapan UNBK dan USBN 2019:

1. https://un.kemdikbud.go.id/


Laman ini merupakan situs resmi milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dikhususkan sebagai penyedia Informasi UN dan USBN. Melalui alamat https://un.kemdikbud.go.id/ ini kita bisa menelusuri dan download dokumen persiapan Ujian Nasional, diantaranya:
  • Kisi-kisi USBN tahun 2019 mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, termasuk madrasah, sekolah luar biasa, dan pendidikan kesetaraan;
  • Kisi-kisi UNBK tahun 2019 untuk jenjang SMP, SMA, SMK sederajat termasuk ujian Paket B, Paket C dan SLB lengkap seluruh mata pelajaran;
  • POS UNBK 2019 sebagai prosedur operasional standar penyelenggaraan ujian yang ditetapkan resmi oleh BSNP;
  • POS USBN 2019 sebagai prosedur operasional standar penyelenggaraan ujian sekolah berstandar nasional yang disahkan oleh BSNP;
  • Jadwal UNBK 2019 memuat tanggal-tanggal penting kegiatan yang disajikan dengan gambar yang sangat menarik, termasuk jadwal USBN 2019;
  • Buku tanya jawab yang memuat pertanyaan dan jawaban seputar USBN dan UN tahun pelajaran 2018/2019.


2. https://ubk.kemdikbud.go.id/


Alamat ini merupakan laman pusat penilaian pendidikan / puspendik. Laman ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk teknisi dan proktor UNBK. Namun siswa siswi calon peserta ujian juga masih bisa mengaksesnya untuk melihat rangkaian kegiatan UNBK mulai dari simulasi hingga jadwal utama dan susulan. Melihat daftar statistik sekolah peserta ujian berbasis komputer dari tahun ke tahun.

Lebih dari itu, di laman inilah para proktor bisa mendapatkan dokumen resmi persiapan UNBK tahun 2019 nanti. Dokumen persiapan tersebut antara lain file VHD UNBK 2019, file ExambrowserClient dan ExambrowserSync versi terbaru, serta manual UNBK 2019 sebagai petunjuk instalasi VHD dan cara sinkronisasi UNBK 2019. Semua bisa didownload langsung tanpa harus mencari di situs lain.

3. http://bsnp-indonesia.org/


BSNP Indonesia merupakan badan atau lembaga independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan (SNP). Melalui situs resminya ia mempublikasikan info ujian termasuk Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah. Bagaimana sistem penilaian dan syarat penentu kelulusan diatur dalam permendikbud tersebut.

Demikian itulah situs resmi persiapan USBN dan UNBK 2019 yang harus dikunjungi dan selalu di pantau supaya tidak ketinggalan info terbarunya. Selain melalui situs tersebut di atas, berikut media sosial resmi milik kementrian pendidikan dan kebudayaan:

Facebook: fb.com/Kemdikbud.RI
Twitter: @Kemdikbud_RI
Instagram: @Kemdikbud_RI
Youtube: KEMENDIKBUD RI

Sumber http://www.risalahku.com/

Belum ada Komentar untuk "Ini Situs Resmi Informasi Persiapan UNBK dan USBN Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel