Fungsi Kata Sifat (Adjective) dalam Grammar

Setelah memahami berbagai jenis kata sifat, rasanya kurang lengkap jika kita tidak mengerti fungsi dari adjective tersebut. Oleh sebab itu, kita lanjutkan lagi pembahasan mengenai kata sifat dalam bahasa Inggris ini.


Fungsi adjectives (kata sifat) dalam grammar bahasa manapun sebenarnya sangat mudah dipahami. Kita bisa menebak dengan sangat cepat fungsi utama kata sifat dalam bahasa Indoneisa, ya jelas sangat simpel alias begitu sederhana. Lihat saja penjelasan Marcella Frank (1972: 111) begitu sangan singkat; Ia tidak lebih dari satu halaman menerangkan fungsi adjective ini, itupun dengan contoh yang sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa yang dijelaskan Frank tersebut:

Fungsi-fungsi adjectives:

1. Adjective modifying a noun
2. Adjective modifying a pronoun

Pertama, Adjective modifying a noun (kata sifat yang menjelaskan kata benda). Baik itu attributive adjective ataupun predicative adjective, wajar saja jika kata-kata yang mensifati kata benda itu ya adjectives.

* Contoh attributive adjective yang menerangkan noun:

The small boy (kata the dan small keduanya adalah adjective yang menerangkan noun boy)

* Contoh predicative adjective yang menerangkan noun:

The boy is small (kata small disini adalah adjective yang menerangkan noun boy). Bisa juga susunannya diganti menjadi the small boy.

Kedua, Adjective modifying a pronoun (kata sifat yang menjelaskan kata ganti). Sama seperti diatas, dalam attributive adjective dan predicative adjective semua adjective jelas bisa menerangkan pronoun (kata ganti) karena pronoun notabene adalah pengganti noun.

* Contoh attributive adjective yang menerangkan pronoun:

Everybody else (kata else disini adalah adjective yang menerangkan indefinite pronoun everybody)

* Contoh predicative adjective yang menerangkan pronoun:

He is small (kata small disini adalah adjective yang menerangkan personal pronoun HE)

Catatan : Untuk mengetahui lebih jauh mengenai attributive adjective dan predicative adjective lihat artikel ini.

Begitu sangat mudah bukan, jika kita belum bisa memahami dengan lebih jauh apa dan bagaimana fungsi kata sifat ini, silahkan membaca ulang tulisan di atas dengan jernih dan seksama tanpa ada gangguan apapun, pasti dijamin kita akan dengan cepat memahami fungsi adjective dengan sangat menyeluruh.

Sekian pembahasan tentang fungsi adjective / kata sifat dalam Bahasa Inggris, semoga bisa bermanfaat untuk semua pecinta Bahasa Inggris di seluruh nusantara. Hal yang perlu diingat adalah belajar bahasa Inggris dengan mudah bisa saja terealisasi asal kita harus melewati tahapan-tahapan awal yang sangat sulit.

 rasanya kurang lengkap jika kita tidak mengerti fungsi dari adjective tersebut Fungsi Kata Sifat (Adjective) dalam Grammar

Referensi:

Frank, Marcella. 1972. Modern English: A Practical Reference Guide. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall Inc.


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kata Sifat (Adjective) dalam Grammar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel