Soal Ujian Sekolah (Us) Pkn Kelas 6 Sd/Mi Tahun Aliran 2017/2018
Berikut ini ialah pola latihan Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018. Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga Soal Ujian Sekolah (US) Mata Pelajaran PKn ini sanggup membantu adik-adik yang akan menghadapi Ujian Sekolah.
I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan perdamaian dunia tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Jabatan yang memegang tanggung jawab sebagai pemimpin konsulat ialah ....
a. Atase
b. Konsul
c. Duta Besar
d. Menteri luar negeri
3. Organisasi PBB yang berperan dalam menuntaskan masalah Indonesia dengan Belanda ialah ....
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNHCR
d. UNCI
4. Pemrakarsa berdirinya PBB yang merupakan presiden Amerika Serikat ialah ....
a. Winston Churchill
b. F.D. Roosevelt
c. Jimmy Carter
d. John F. Kennedy
5.
Tokoh-tokoh tersebut berperan dalam terbentuknya ....
a. ASEAN
b. Gerakan Non-Blok
c. Konferensi Asia Afrika
d. PBB
6. Politik luar negeri Indonesia mempunyai landasan. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia ialah ....
a. Pancasila
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Deklarasi Bangkok
d. Undang-undang Nomor 37 Tahun 1999 wacana Hubungan Luar Negeri
7. Indonesia merupakan salah satu anggota PBB yang mempunyai kiprah aktif. Salah satu kiprah Indonesia dalam PBB ialah ....
a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif membuat perdamaian dunia
b. menyelenggarakan KTT ASEAN
c. melaksanakan kolaborasi dalam pakta pertahanan dengan negara lain
d. mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
8. Berikut ini kiprah PBB dalam membantu usaha kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
b. membantu Indonesia dalam mengusir penjajah Jepang
c. mendesak Jepang biar menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia
d. memyumbangkan senjata kepada pasukan Indonesia untuk melawan penjahah
9. Konferensi Asia Afrika telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Sepuluh prinsip pokok yang dihasilkan KAA dinamakan ....
a. Deklarasi Bangkok
b. Piagam Jakarta
c. Dasasila Bandung
d. Piagam Colombo
10. UNESCO merupakan tubuh khusus PBB yang menangani masalah ...
a. kesehatan sedunia
b. pangan sedunia
c. buruh sedunia
d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. Tujuan berdirinya organisasi Non Blok ialah ....
a. mengurangi imbas Blok Barat dan Blok Timur
b. menghindari persaingan antarblok
c. membantu negara yang gres merdeka biar memihak salah satu blok
d. berusaha membendung imbas buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. Kerja sama di tempat Asia Pasifik yang fokus pada bidang ekonomi ialah ....
a. ASEAN
b. APEC
c. PBB
d. OPEC
13. Tokoh perumus tujuan politik luar negeri Indonesia ialah ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Adam Malik
d. Ahmad Soebardjo
14. ILO ialah organisasi PBB yang menangani masalah ....
a. pangan
b. buruh
c. kesehatan
d. pendidikan
15. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika ialah ....
a. Adam Malik
b. Mohammad Hatta
c. Ali Sastroamidjoyjo
d. Arif Syarifuddin
16. Berikut ini tokoh dari Peru yang pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB ialah ....
a. Antonio Guterres
b. Trygve Lie
c. Javier Peres De Cuellar
d. Dr. Kurt Waldheim
17. Jawaharlal Nehru merupakan salah satu tokoh pemrakarsa terbentuknya ....
a. ASEAN
b. PBB
c. Gerakan Non Blok
d. Konferensi Asia Afrika
18. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Kolombo ialah ....
a. Ir. Soekarno
b. Muhammad Hatta
c. Ali Sastroamijoyo
d. Ruslan Abdulgani
19. Di bawah ini kewajiban utama yang harus dilaksanakan oleh seorang pelajar ialah ....
a. membantu orang tua
b. menghormati orang tua
c. rajin belajar
d. mengerjakan tugas
20. Berikut ini ialah sikap yang memperlihatkan pola hidup rukun ialah ....
a. tiba terlambat kemudian dimarahi gutu
b. mengembalikan buku teman
c. kerja bakti membersihkan lingkungan
d. berkata jujur apa adanya
21. Pernyataan berikut yang memperlihatkan penerapan musyawarah dalam lingkungan keluarga ialah ....
a. Anak-anak sedang membantu ibu membersihkan rumah
b. Adik mengerjakan PRnya sendiri
c. Bu guru menasihati Anton alasannya tiba terlambat
d. Ayah mendapatkan permintaan dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. Indonesia mempunyai aneka peninggalan budaya. Hal ini memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai ....
a. sumber daya alam yang melimpah
b. kebudayaan yang tinggi
c. kelebihan
d. warisan dari nenek moyang
23. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari buku Sutasoma karya ....
a. Mpu Prapanca
b. Mpu Tantular
c. Mpu Sedah
d. Mpu Gandring
24.
Rumah moral ibarat pada gambar berasal dari daerah ....
a. Kalimantan Barat
b. Sumatra Barat
c. Sumatra Selatan
d Sulawesi Selatan
25. Alasan insan merupakan makhluk Tuhan yang tinggi derajatnya jikalau dibanding makhluk lain ialah ....
a. insan terdiri dari jasmani dan rohani
b. insan diberi nalar pikir dan nalar budi
c. insan diberi kehidupan dan penghidupan
d. insan diberi kiprah mengolah sumber daya alam
26. Pemerintahan pusat menawarkan pelimpahan wewenang kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri. Dalam sistem NKRI, pelimpahan tersebut dinamakan asas ....
a. desentralisasi
b. dekonsentrasi
c. sentralisasi
d. daerah otonom
27. Dalam perkembangannya, Undang-Undang Dasar 1945 telah mengalami perubahan atau disebut dengan Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 yang dilakukan sebanyak empat kali. Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 telah merubah struktur forum negara di Indonesia. Berdasarkan amandemen Undang-Undang Dasar 1945, forum negara yang dibubarkan ialah ....
a. DPD
b. DPR
c. DPA
d. MA
28. Berikut ini ialah pola gangguan yang datangnya dari dalam negeri yang sanggup memecah belah NKRI ialah ....
a. pelanggaran wilayah oleh negara tetangga
b. bahaya dari negara lain yang mengganggu pertahanan negara
c. gerakan separatis OPM
d. agresi spionase atau kepetangan dari negara lain
29. Tindakan berikut yang memperlihatkan sikap pelajar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI ialah ....
a. mematuhi tata tertib sekolah
b. ikut bergabung dalam organisasi kemasyarakatan
c. mengikuti latihan militer bersama TNI
d. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
30. Indonesia sangat menentang segala bentuk penjajahan alasannya penjajahan tidak sesuai dengan ....
a. harkat dan martabat manusia
b. tujuan dan keinginan bangsa
c. nilai-nilai moral dan kemanusiaan
d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai harga diri. Contoh sikap mempunyai harga diri ialah ....
a. bekerja keras
b. tidak suka dengan kesuksesan orang lain
c. besar hati dengan prestasi yang dicapai
d. menganggap orang lain lebih rendah
32. Pada hari Minggu, di desa tempat Andi tinggal sedang diadakan kerja bakti. Sikap Andi sebaiknya ....
a. bersembunyi di dalam rumah
b. pergi ke rumah temannya
c. akal-akalan tidak tahu
d. ikut kerja bakti
33. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Oleh alasannya itu kita wajib ....
a. mendahulukan hak dari pada kewajiban
b. tidak membeda-bedakan antara hak dan keawajiban
c. mengutamakan kewajiban tanpa menuntut hak
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. Menjaga kehormatan merupakan kewajiban bagi setiap orang. Contoh berikut yang memperlihatkan sikap menjaga kehormatan diri ialah ....
a. menghormati hak-hak orang lain
b. memilih-milih sobat dalam pergaulan
c. menjauhi sobat yang tidak sepaham dengan pemikiran
d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. Di bawah ini merupakan hal yang sanggup menumbuhkan rasa nasionalisme ialah ....
a. adanya kesamaan cara pandang
b. adanya perbedaan pola pikir
c. adanya perbedaan pandangan
d. adanya perasaan senasib
36. SD Tunas Bangsa akan membangun mushola. Pihak yang harus diajak musyawarah untuk menuntaskan masalah pembangunan tersebut ialah ....
a. guru, komite, dan wali murid
b. kepala desa, guru, dan kepala sekolah
c. guru, murid, dan perangkat desa
d. guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
37. Fajar telah menuntaskan pendidikan di tingkat SMA. Dia tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan ke jenjang sekolah tinggi tinggi sehingga ia menentukan untuk mempelajari wacana mesin sepeda motor. Fajar sanggup mengikuti training di bidang tersebut melalui ....
a. BKIA
b. BLKIA
c. BLK
d. BPLK
38. Pernyataan berikut ini yang memperlihatkan bentuk perwujudan sikap tanggung jawab terhadap hasil musyawarah di lingkungan masyarakat ialah ....
a. Budi menolong temannya yang kesulitan mengerjakan tugas
b. tamu yang menginap harap lapor ketua RT
c. mengizinkan warga begadang sampai larut malam
d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. Hal-hal di bawah ini yang menjadi latar belakang terjadinya kolaborasi ASEAN ialah ....
a. mencari kawan dagang
b. sama-sama negara yang sedang berkembang
c. negara-negara ASEAN tidak semua mempunyai hasil alam
d. kebutuhan masing-masing negara tidak sama
40. Membubarkan partai politik dan menuntaskan sengketa hasil pemilu ialah kiprah ....
a. Mahkamah Agung
b. MPR
c. Mahkamah Konstitusi
d. Komisi Yudisial
41. Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh ....
a. KPI
b. KPU
c. KPK
d. Yudisial
42. Dalam pemerintahan dikenal tiga istilah kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Wewenang pemerintah di bidang administrator ialah ....
a. mengajukan undang-undang kepada DPR
b. mengangkat dan memberhentikan menteri
c. mengangkat duta dan konsul
d. menyatakan perang dengan menerima persetujuan dari DPR
43. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan undang-undang ialah ....
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. eksaminatif
44. Salah satu pola menjaga keutuhan NKRI ialah dengan menjaga dan mempertahankan alat pemersatu bangsa. Alat pemersatu bangsa tersebut ialah ....
a. undang-undang
b. perpu
c. perpres
d. Pancasila
45. Manusia mempunyai perbedaan tabiat dan sifat namun sebagai eksklusif insan mempunyai kesamaan yaitu ....
a. ingin dihormati dan dihargai
b. ingin menghargai diri sendiri
c. ingin disukai orang lain
d. ingin dipandang oleh orang lain
46. Salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari Singapura ialah ....
a. Narciso Ramos
b. S. Rajaratnam
c. Thanat Khoman
d. Tun Abdul Razak
47. Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang ....
a. adil
b. bersih
c. terbuka
d. demokratis
48. Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan musyawarah. Hal ini mencerminkan sila Pancasila yang disimbolkan dengan ....
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas
49. Kerja sama bilateral indonesia dengan Filipina ialah dengan dibangunnya ....
a. industri tembaga
b. pabrik pupuk urea
c. proyek bubuk soda
d. pabrik materi kimia
50. Salah satu masalah yang sedang di perjuangkan oleh setiap negara sebagai akhir dari globalisasi dalam bidang politik adalah........
a. terorisme
b. senjata nuklir
c. demokrasi
d. komunisme
Jika ingin mendownload soal, di bawah ini linknyal ↓
Sumber https://www.juraganles.com/
I. Berilah tanda silang (X) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !
1. Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya mewujudkan perdamaian dunia tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
2. Jabatan yang memegang tanggung jawab sebagai pemimpin konsulat ialah ....
a. Atase
b. Konsul
c. Duta Besar
d. Menteri luar negeri
3. Organisasi PBB yang berperan dalam menuntaskan masalah Indonesia dengan Belanda ialah ....
a. UNICEF
b. UNESCO
c. UNHCR
d. UNCI
4. Pemrakarsa berdirinya PBB yang merupakan presiden Amerika Serikat ialah ....
a. Winston Churchill
b. F.D. Roosevelt
c. Jimmy Carter
d. John F. Kennedy
5.
Tokoh-tokoh tersebut berperan dalam terbentuknya ....
a. ASEAN
b. Gerakan Non-Blok
c. Konferensi Asia Afrika
d. PBB
6. Politik luar negeri Indonesia mempunyai landasan. Landasan idiil politik luar negeri Indonesia ialah ....
a. Pancasila
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Deklarasi Bangkok
d. Undang-undang Nomor 37 Tahun 1999 wacana Hubungan Luar Negeri
7. Indonesia merupakan salah satu anggota PBB yang mempunyai kiprah aktif. Salah satu kiprah Indonesia dalam PBB ialah ....
a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif membuat perdamaian dunia
b. menyelenggarakan KTT ASEAN
c. melaksanakan kolaborasi dalam pakta pertahanan dengan negara lain
d. mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
8. Berikut ini kiprah PBB dalam membantu usaha kemerdekaan Indonesia ialah ....
a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
b. membantu Indonesia dalam mengusir penjajah Jepang
c. mendesak Jepang biar menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia
d. memyumbangkan senjata kepada pasukan Indonesia untuk melawan penjahah
9. Konferensi Asia Afrika telah menghasilkan beberapa kesepakatan. Sepuluh prinsip pokok yang dihasilkan KAA dinamakan ....
a. Deklarasi Bangkok
b. Piagam Jakarta
c. Dasasila Bandung
d. Piagam Colombo
10. UNESCO merupakan tubuh khusus PBB yang menangani masalah ...
a. kesehatan sedunia
b. pangan sedunia
c. buruh sedunia
d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. Tujuan berdirinya organisasi Non Blok ialah ....
a. mengurangi imbas Blok Barat dan Blok Timur
b. menghindari persaingan antarblok
c. membantu negara yang gres merdeka biar memihak salah satu blok
d. berusaha membendung imbas buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. Kerja sama di tempat Asia Pasifik yang fokus pada bidang ekonomi ialah ....
a. ASEAN
b. APEC
c. PBB
d. OPEC
13. Tokoh perumus tujuan politik luar negeri Indonesia ialah ....
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Adam Malik
d. Ahmad Soebardjo
14. ILO ialah organisasi PBB yang menangani masalah ....
a. pangan
b. buruh
c. kesehatan
d. pendidikan
15. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Asia Afrika ialah ....
a. Adam Malik
b. Mohammad Hatta
c. Ali Sastroamidjoyjo
d. Arif Syarifuddin
16. Berikut ini tokoh dari Peru yang pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal PBB ialah ....
a. Antonio Guterres
b. Trygve Lie
c. Javier Peres De Cuellar
d. Dr. Kurt Waldheim
17. Jawaharlal Nehru merupakan salah satu tokoh pemrakarsa terbentuknya ....
a. ASEAN
b. PBB
c. Gerakan Non Blok
d. Konferensi Asia Afrika
18. Wakil dari Indonesia dalam Konferensi Kolombo ialah ....
a. Ir. Soekarno
b. Muhammad Hatta
c. Ali Sastroamijoyo
d. Ruslan Abdulgani
19. Di bawah ini kewajiban utama yang harus dilaksanakan oleh seorang pelajar ialah ....
a. membantu orang tua
b. menghormati orang tua
c. rajin belajar
d. mengerjakan tugas
20. Berikut ini ialah sikap yang memperlihatkan pola hidup rukun ialah ....
a. tiba terlambat kemudian dimarahi gutu
b. mengembalikan buku teman
c. kerja bakti membersihkan lingkungan
d. berkata jujur apa adanya
21. Pernyataan berikut yang memperlihatkan penerapan musyawarah dalam lingkungan keluarga ialah ....
a. Anak-anak sedang membantu ibu membersihkan rumah
b. Adik mengerjakan PRnya sendiri
c. Bu guru menasihati Anton alasannya tiba terlambat
d. Ayah mendapatkan permintaan dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. Indonesia mempunyai aneka peninggalan budaya. Hal ini memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia mempunyai ....
a. sumber daya alam yang melimpah
b. kebudayaan yang tinggi
c. kelebihan
d. warisan dari nenek moyang
23. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari buku Sutasoma karya ....
a. Mpu Prapanca
b. Mpu Tantular
c. Mpu Sedah
d. Mpu Gandring
24.
Rumah moral ibarat pada gambar berasal dari daerah ....
a. Kalimantan Barat
b. Sumatra Barat
c. Sumatra Selatan
d Sulawesi Selatan
25. Alasan insan merupakan makhluk Tuhan yang tinggi derajatnya jikalau dibanding makhluk lain ialah ....
a. insan terdiri dari jasmani dan rohani
b. insan diberi nalar pikir dan nalar budi
c. insan diberi kehidupan dan penghidupan
d. insan diberi kiprah mengolah sumber daya alam
26. Pemerintahan pusat menawarkan pelimpahan wewenang kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri. Dalam sistem NKRI, pelimpahan tersebut dinamakan asas ....
a. desentralisasi
b. dekonsentrasi
c. sentralisasi
d. daerah otonom
27. Dalam perkembangannya, Undang-Undang Dasar 1945 telah mengalami perubahan atau disebut dengan Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 yang dilakukan sebanyak empat kali. Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 telah merubah struktur forum negara di Indonesia. Berdasarkan amandemen Undang-Undang Dasar 1945, forum negara yang dibubarkan ialah ....
a. DPD
b. DPR
c. DPA
d. MA
28. Berikut ini ialah pola gangguan yang datangnya dari dalam negeri yang sanggup memecah belah NKRI ialah ....
a. pelanggaran wilayah oleh negara tetangga
b. bahaya dari negara lain yang mengganggu pertahanan negara
c. gerakan separatis OPM
d. agresi spionase atau kepetangan dari negara lain
29. Tindakan berikut yang memperlihatkan sikap pelajar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI ialah ....
a. mematuhi tata tertib sekolah
b. ikut bergabung dalam organisasi kemasyarakatan
c. mengikuti latihan militer bersama TNI
d. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
30. Indonesia sangat menentang segala bentuk penjajahan alasannya penjajahan tidak sesuai dengan ....
a. harkat dan martabat manusia
b. tujuan dan keinginan bangsa
c. nilai-nilai moral dan kemanusiaan
d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai harga diri. Contoh sikap mempunyai harga diri ialah ....
a. bekerja keras
b. tidak suka dengan kesuksesan orang lain
c. besar hati dengan prestasi yang dicapai
d. menganggap orang lain lebih rendah
32. Pada hari Minggu, di desa tempat Andi tinggal sedang diadakan kerja bakti. Sikap Andi sebaiknya ....
a. bersembunyi di dalam rumah
b. pergi ke rumah temannya
c. akal-akalan tidak tahu
d. ikut kerja bakti
33. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Oleh alasannya itu kita wajib ....
a. mendahulukan hak dari pada kewajiban
b. tidak membeda-bedakan antara hak dan keawajiban
c. mengutamakan kewajiban tanpa menuntut hak
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. Menjaga kehormatan merupakan kewajiban bagi setiap orang. Contoh berikut yang memperlihatkan sikap menjaga kehormatan diri ialah ....
a. menghormati hak-hak orang lain
b. memilih-milih sobat dalam pergaulan
c. menjauhi sobat yang tidak sepaham dengan pemikiran
d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. Di bawah ini merupakan hal yang sanggup menumbuhkan rasa nasionalisme ialah ....
a. adanya kesamaan cara pandang
b. adanya perbedaan pola pikir
c. adanya perbedaan pandangan
d. adanya perasaan senasib
36. SD Tunas Bangsa akan membangun mushola. Pihak yang harus diajak musyawarah untuk menuntaskan masalah pembangunan tersebut ialah ....
a. guru, komite, dan wali murid
b. kepala desa, guru, dan kepala sekolah
c. guru, murid, dan perangkat desa
d. guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah
37. Fajar telah menuntaskan pendidikan di tingkat SMA. Dia tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan ke jenjang sekolah tinggi tinggi sehingga ia menentukan untuk mempelajari wacana mesin sepeda motor. Fajar sanggup mengikuti training di bidang tersebut melalui ....
a. BKIA
b. BLKIA
c. BLK
d. BPLK
38. Pernyataan berikut ini yang memperlihatkan bentuk perwujudan sikap tanggung jawab terhadap hasil musyawarah di lingkungan masyarakat ialah ....
a. Budi menolong temannya yang kesulitan mengerjakan tugas
b. tamu yang menginap harap lapor ketua RT
c. mengizinkan warga begadang sampai larut malam
d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. Hal-hal di bawah ini yang menjadi latar belakang terjadinya kolaborasi ASEAN ialah ....
a. mencari kawan dagang
b. sama-sama negara yang sedang berkembang
c. negara-negara ASEAN tidak semua mempunyai hasil alam
d. kebutuhan masing-masing negara tidak sama
40. Membubarkan partai politik dan menuntaskan sengketa hasil pemilu ialah kiprah ....
a. Mahkamah Agung
b. MPR
c. Mahkamah Konstitusi
d. Komisi Yudisial
41. Pemilu di Indonesia diselenggarakan oleh ....
a. KPI
b. KPU
c. KPK
d. Yudisial
42. Dalam pemerintahan dikenal tiga istilah kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Wewenang pemerintah di bidang administrator ialah ....
a. mengajukan undang-undang kepada DPR
b. mengangkat dan memberhentikan menteri
c. mengangkat duta dan konsul
d. menyatakan perang dengan menerima persetujuan dari DPR
43. Lembaga yang mengawasi pelaksanaan undang-undang ialah ....
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. eksaminatif
44. Salah satu pola menjaga keutuhan NKRI ialah dengan menjaga dan mempertahankan alat pemersatu bangsa. Alat pemersatu bangsa tersebut ialah ....
a. undang-undang
b. perpu
c. perpres
d. Pancasila
45. Manusia mempunyai perbedaan tabiat dan sifat namun sebagai eksklusif insan mempunyai kesamaan yaitu ....
a. ingin dihormati dan dihargai
b. ingin menghargai diri sendiri
c. ingin disukai orang lain
d. ingin dipandang oleh orang lain
46. Salah satu tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari Singapura ialah ....
a. Narciso Ramos
b. S. Rajaratnam
c. Thanat Khoman
d. Tun Abdul Razak
47. Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang ....
a. adil
b. bersih
c. terbuka
d. demokratis
48. Proses pemilihan ketua kelas dilakukan dengan musyawarah. Hal ini mencerminkan sila Pancasila yang disimbolkan dengan ....
a. rantai emas
b. pohon beringin
c. kepala banteng
d. padi dan kapas
49. Kerja sama bilateral indonesia dengan Filipina ialah dengan dibangunnya ....
a. industri tembaga
b. pabrik pupuk urea
c. proyek bubuk soda
d. pabrik materi kimia
50. Salah satu masalah yang sedang di perjuangkan oleh setiap negara sebagai akhir dari globalisasi dalam bidang politik adalah........
a. terorisme
b. senjata nuklir
c. demokrasi
d. komunisme
Jika ingin mendownload soal, di bawah ini linknyal ↓
Kunci Jawaban
1. d. keempat
2. b. Konsul
3. d. UNCI
4. b. F.D. Roosevelt
5. b. Gerakan Non-Blok
6. a. Pancasila
7. a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif membuat perdamaian dunia
8. a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
9. c. Dasasila Bandung
10. d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. d. berusaha membendung imbas buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. b. APEC
13. b. Moh. Hatta
14. b. buruh
15. c. Ali Sastroamijoyo
16. c. Javier Peres De Cuellar
17. c. Gerakan Non Blok
18. c. Ali Sastroamidjojo
19. c. rajin belajar
20. c. kerja bakti membersihkan lingkungan
21. d. Ayah mendapatkan permintaan dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. b. kebudayaan yang tinggi
23. b. Mpu Tantular
24. b. Sumatra Barat
25. b. insan diberi nalar pikir dan nalar budi
26. a. desentralisasi
27. c. DPA
28. c. gerakan separatis OPM
29. d. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
30. d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. a. bekerja keras
32. d. ikut kerja bakti
33. d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. d. adanya perasaan senasib
36. a. guru, komite, dan wali murid
37. c. BLK
38. d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. b. sama-sama negara yang sedang berkembang
40. c. Mahkamah Konstitusi
41. b. KPU
42. b. mengangkat dan memberhentikan menteri
43. b. legislatif
44. d. Pancasila
45. a. ingin dihormati dan dihargai
46. b. S. Rajaratnam
47. d. demokratis
48. c. kepala banteng
49. a. industri tembaga
50. c. demokrasi
2. b. Konsul
3. d. UNCI
4. b. F.D. Roosevelt
5. b. Gerakan Non-Blok
6. a. Pancasila
7. a. mengirimkan pasukan perdamaian untuk turut aktif membuat perdamaian dunia
8. a. turut mendesak Belanda untuk mengakui kemerdekaan Indonesia
9. c. Dasasila Bandung
10. d. pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
11. d. berusaha membendung imbas buruk, baik dari Blok Barat dan Blok Timur
12. b. APEC
13. b. Moh. Hatta
14. b. buruh
15. c. Ali Sastroamijoyo
16. c. Javier Peres De Cuellar
17. c. Gerakan Non Blok
18. c. Ali Sastroamidjojo
19. c. rajin belajar
20. c. kerja bakti membersihkan lingkungan
21. d. Ayah mendapatkan permintaan dari kami untuk liburan ke rumah nenek
22. b. kebudayaan yang tinggi
23. b. Mpu Tantular
24. b. Sumatra Barat
25. b. insan diberi nalar pikir dan nalar budi
26. a. desentralisasi
27. c. DPA
28. c. gerakan separatis OPM
29. d. tidak terlibat dalam agresi tawuran pelajar
30. d perikemanusiaan dan perikeadilan
31. a. bekerja keras
32. d. ikut kerja bakti
33. d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
34. d. selalu menghindarkan diri dari perbuatan tercela
35. d. adanya perasaan senasib
36. a. guru, komite, dan wali murid
37. c. BLK
38. d. Pak Joko ikut menjaga keamanan lingkungan
39. b. sama-sama negara yang sedang berkembang
40. c. Mahkamah Konstitusi
41. b. KPU
42. b. mengangkat dan memberhentikan menteri
43. b. legislatif
44. d. Pancasila
45. a. ingin dihormati dan dihargai
46. b. S. Rajaratnam
47. d. demokratis
48. c. kepala banteng
49. a. industri tembaga
50. c. demokrasi
Warning : Harap tidak mengcopy paste dan mempublish ulang Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang ada di blog CandraEdukasi.com. Jadilah blogger kreatif dengan tidak melaksanakan copy paste dan mempublish ulang ! Terima kasihDemikianlah Soal Ujian Sekolah (US) PKn Kelas 6 SD/MI Tahun Ajaran 2017/2018 yang disusun oleh admin CandraEdukasi.com. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Belum ada Komentar untuk "Soal Ujian Sekolah (Us) Pkn Kelas 6 Sd/Mi Tahun Aliran 2017/2018"
Posting Komentar